Lebah klanceng, sebagaimana lebah madu lainnya, juga mengandalkan bunga sebagai sumber pakan utama. Dari bunga, klanceng menghisap nektar sebagai sumber energi, dan mengumpulkan serbuk sari sebagai sumber protein. Kelebihan nektar dan serbuk sari akan disimpan di dalam pot-pot propolis, yang nantinya akan menjadi madu dan beepollen.
Pada dasarnya lebah klanceng cenderung tidak rewel dalam masalah pakan, asalkan banyak bunga di sekitar sarang, klanceng akan merasa betah. Namun untuk tujuan budidaya, diperlukan jenis tanaman yang efektif sehingga mampu memperkuat koloni dan meningkatkan produktivitas lebah klanceng. Berikut adalah beberapa jenis bunga yang sangat disukai lebah klanceng, dan menurut kami bisa diandalkan sebagai sumber nektar maupun beepollen.
Bunga Batavia
Disebut juga dengan jarak pagar atau jathropa, rajin berbunga sepanjang tahun tidak mengenal musim. Perawatan sangat mudah, cukup dengan penyiraman dan pemupukan rutin. Bunga batavia mulai mekar pagi – pagi, menyediakan serbuk sari dan nektar yang cukup melimpah bagi lebah klanceng. Perbanyakan tanaman bisa dilakukan dengan stek, cangkok atau sambung pucuk.
Bayam
Bunga dari tanaman sayur ini memiliki serbuk sari yang sangat melimpah, sangat bermanfaat untuk keperluan memperkuat koloni lebah klanceng.
Bunga Belimbing
Belimbing berbunga hampir sepanjang tahun. Lebah klanceng sangat menyukai nektar dari bunga belimbing. Meski sebenarnya kandungan nektarnya sedikit, namun karena jumlah kuntum bunganya yang sangat banyak, belimbing layak untuk dijadikan sumber pakan lebah klanceng.
Bunga Air Mata Pengantin (AMP)
Bisa dikatakan bunga ini adalah bunga wajib bagi pembudidaya lebah klanceng atau kelulut. Tumbuhan ini biasanya tumbuh liar merambat liar di dekat parit-parit atau selokan. Namun ketika kita rawat dengan baik akan menjadi bunga hias yang sangat menawan. Selain karena warnanya yang sangat cantik, juga karena jumlah kuntum bunganya yang sangat banyak. klanceng sangat rakus menghisap nektar dan mengumpulkan pollen dari bunga amp ini.
Bunga Xanthostemon
Xanthostemon merupakan tumbuhan endemik Australia, bentuk daun, pohon, dan bunganya sangat mirip dengan jambu air. Dikenal juga dengan nama Golden Penda. Xanthostemon sangat direkomendasikan untuk ditanam. Selain karena jumlah nektarnya yang melimpah, tanaman ini juga bagus untuk menambah hiasan pekarangan atau taman. Alasan lainnya tentu saja karena lebah klanceng benar-benar sangat menyukainya.
Jenis tanaman lainnya antara lain bunga kaliandra, pisang, kersen, dan bunga matahari.
Makanan yang Paling disukai Lebah Tanpa Sengat (Trigona/ Klanceng)
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *